Monday, 26 October 2015

EVALUASI LEMBAR KERJA SISWA KELAS 10 KEBUTUHAN MANUSIA, KELANGKAAN, DAN SISTEM EKONOMI

EVALUASI LEMBAR KERJA SISWA KELAS 10 KEBUTUHAN MANUSIA, KELANGKAAN, DAN SISTEM EKONOMI A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tep... thumbnail 1 summary
EVALUASI LEMBAR KERJA SISWA KELAS 10 KEBUTUHAN MANUSIA, KELANGKAAN, DAN SISTEM EKONOMI


A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!
1. Inti Masalah ekonomi yang paling pokok, sehingga manusia berusaha dengan segala kemampuannya untuk memenuhi kebutuhannya adalah ....
a. manusia giat belajar, tetapi sama sekali tidak ada perubahan
b. tidak terjadi keseimbangan antara kebutuhan dan alat pemuas
c. kebutuhan semakin meningkat sedangkan pendapatan tetap
d. hasil produksi menumpuk karena daya beli masyarakat rendah
e. pendapatan naik, harga barang meningkat dan terjangkau

2. Masalah mendasr dalam ilmu ekonomi adalah ...
a. mengurangi masalah kemiskinan dan menciptakan distribusi pendapatan yang adil dan merata
b. menentukan harga yang tepat atas barang/jasa sesuai dengan biaya-biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi barang/jasa tersebut
c. mengurangi eksternalitas negatif yang ditimbulkan dari setiap kegiatan ekonomi
d. mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang jumlahnya terbatasuntuk memenuhi kebutuhan masyarakat
e. memacu pertumbuhan ekonomi sebuah negara dengan harapan kemakmuran akan tercipta

3. Kebutuhan manusia beranekaragam sedangkan alat yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan bersifat terbatas, sehingga terjadi kelangkaan (scarcity). Kelangkaan tersebut disebabkan oleh hal-hal berikut ini, kecuali ....
a. persediaan sumber daya alam terbatas
b. kemampuan manusia untuk mengolah sumber daya alam terbatas
c. sebagian manusia mempunyai sifat serakah, akibatnya persediaan alam cepat berkurang dan rusak.
d. kebutuhan manusia yang terus meningkat
e. jumlah barang/jasa yang tersedia dapat diperoleh dengan mudah dan cukup banyak

4. Biaya oportunitas mengandung arti ... .
a. biaya rata-rata yang hilang
b. nilai alternatif tertinggi karena tidak melakukan sesuatu
c. nilai alternatif tersendah karena tidak melakukan sesuatu
d. nilai alternatif rata-rata karena tidak melakukan sesuatu
e. nilai alternatif marginal kerena tidak melakukan sesuatu.

5. Apabila ada kombinasi berupa pilihan-pilihan yag harus diputuskan, sebenarnya kita dihadapkan pada masalah ....
a. biaya peluang
b. kelangkaan
c. pilihan dan sikap rasional
d. skala prioritas
e. kebutuhan dan keinginan

6. Jika keadaan seseorag telah mencapai keseimbangan antara kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan maka keadaan orang tersebut dikatakan ....
a. makmur
b. kaya
c. bahagia
d. sejahtera
e. damai

7. Dibawah ini yang termasuk dalam golongan barang tidak bergerak dan dapat digunakan sebagai jaminan kredit adalah ....
a. rumah, tanah, sawah, gudang, pabrik, mobil, mesin-mesin
b. rumah, tanah, sawah, gudang, pabrik, mobil, sepeda motor.
c. rumah, tanah, sawah, gudang, pabrik, mobil, truk pengangkut.
d. rumah, rumah tanah, sawah, gudang, pabrik, bangunan pabrik
e. rumah, tanah, sawah, gudang, pabrik, mobil, perhiasan (emas)

8. keahlian, merek dagang, dan hak paten termasuk dalam golongan ...
a. modal konkret
b. modal lancar
c. modal tetap
d. modal sendiri
e. modal abstrak

9. Sumber daya manusia yang berkualitas merupakan sumber daya yang terpenting dibandingkan dengan sumber daya lainnya karena sumber daya manusia berkualitas merupakan ....
a. makhluk ciptaan Tuhan yang sempurna
b. mempunyai keinginan yang sulit diatur dan kompleks
c. aset yang berharga, menjadi perenecana, pemikir, dan pelaku dalam organisasi
d. sumber daya yang selalu ingin berkembang
e. sumber daya yang terus menerus berusaha memperbaiki kualitasnya.

10. 'Opportunity cost' menghasilkan suatu unit tambahandari barang 'N' dapat diartikan sebagai ....
a. laba yang diperoleh karena memproduksi barang 'N'
b. barang lain yang harus dikobarkan untuk mendapatkan barang 'N'
c. harga satuan barang 'N'
d. metode yang paling murah untuk mendapatkan barang 'N'
e. jumlah barang 'N' yang dapat dibeli

11. Berbagai permasalahan ekonomi, seperti mengapa suatu barang diproduksi atau apakah barang yang diproduksi adalah barang pangan atau industri merupakansolusi masalah ekonomi yang berupa ...
a. barang apa yang diproduksi
b. pendstribusian pendapatan nasi
c. bagaimana mendistribusikan dana pembangunan
d. bagaimana menghemat biaya agar berdaya guna
e. bagaimana mengatasi ketimpangan

12. Berikut ini contoh kegunaan benda pemuas kebutuhan:
1). lemari
2) Radio
3) Payung
4) Televisi
5) Jas hujan
6) Kursi
7) Perhiasan
8) Batu kali
Yang termasuk benda pemuas kebutuhan dalam kegunaan waktu adalah....
a. 1 dan 6
b. 2 dan 4
c. 3 dan 5
d. 5 dan 7
e. 7 dan 8

13. Di bawah ini berbagai permasalahan ekonomi yang dihadapi oleh setiap masarakat atau organisasi ekonomi.
1) Barang apa yang diproduksi
2) Bagaimana meningkatkan ekspor
3) Bagaimana cara memproduksi
4) Bagaimana menyiapkan tiap negara dalam era perdagangan bebas
5) Untuk Siapa barang tersebut diproduksi
Tiga masalah pokok ekonomi menurut ekonomi modern adalah ...
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 2, dan 4
c. 1, 3, dan 5
d. 2, 4, dan 5

14. Kondisi kekurangan minyak bumi dapat diatasi dengan penggunaan minyak jarak, berarti ....
a. minyak bumi sebagai komplemen  minyak jarak
b. minyak jarak sebagai komplemen minyak bumi
c. minyak jarak sebagai substitusi minyak bumi
d. minyak bumi sebagai substitusi minyak jarak
e. minyak jarak bukan sebagai komplemen dan substitusi minyak bumi

15. Salah satu kelemahan sistem ekonomi komando adalah ...
a. krisis ekonomi sering terjadi
b. kreativitas masyarakat lemah
c. krisis ekonomi sering terjadi
d. pihak yang kuat menindas yang lemah
e. ada jurang pemisah yang dalam antara pihak yang kaya dan miskin

16. Dinegara yang menganut sistem ekonomi komando, pihak yang menentukan atas sumber daya adalah ... .
a. pemerintah
b. individu
c. masyarakat
d. pemerintah dan masyarakat
e. individu, masyarakat, dan pemerintah

17. Sistem ekonomi yang dianut oleh Indonesia dan sesuai dengan pasal 33 UUD 1945 adalah ....
a. sistem ekonomi syariah
b. sistem ekonomi kerakyatan
c. sistem ekonomi kapitalis
d. sistem ekonomi campuran
e. sistem ekonomi komando

18. Seorang lulusan SMA diterima di UNJ. Yang bersangkutan juga sudah diterima untuk bekerja penuh waktu (full time) di toko A dengan gaji Rp.800.000,00 per bulan, di pabrik B dengan gaji Rp.850.000,00 perbulan dan dikantor C dengan gaji Rp.950.000,00. Jika yang bersangkutan memutuskan untuk kuliah dan bukan bekerja, maka biaya oportunitasnya sebesar ....
a. Rp.50.000,00 perbulan
b. Rp.150.000,00 perbulan
c. Rp.800.000,00 perbulan
d. Rp.850.000,00 perbulan
e. Rp.950.000,00 perbulan

19. Pertukaran dilakukan dengan sistem barter. Hal tersebut merupakan salah satu ciri ...
a. sistem ekonomi tradisional
b. sistem ekonomi terpusat
c. sistem ekonomi komando
d. sistem ekonomi pasar
e. sistem ekonomi campuran

20. Masalah ekonomi yang terjadi dipedesaan adalah sangat rendahnya daya beli masyarakat, karena rendahnya produksi dan harga hasil pertanian, dihadapkan dengan harga kebutuhan selain produk pertanian yang mahal dan kebutuhan lain (misalnya pendidikan dan kesehatan) yang mahal. Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan dengan cara berikut ini, kecuali....
a. diverifikasi jenis tanaman komoditi
b. penerapan program padat karya
c. memberikan bantuan cuma-cuma kepada seluruh warga masyarakat pedesaan
d. memberikan fasilitas kredit kepada pengusaha kecil dan menengah yang mengolah hasil pertanian masyarakat setempat.
e. memberikan penjelasan kesehatan dan pendidikan dasar secara gratis, khususnya kepada masyarakat kurang/tidak mampu.

21. Antara daerah satu dengan daerah lain memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia yang potensinya tidak selalu sama. Hal ini sangat berdampak pada kemampuan suatu daerah dalam perekonomiannya. Faktor yang dominan sebagai penyebab kelangkaan kualitas SDM adalah ....
a. kondisi geografis dan SDA
b. kesehatan dan kesejahteraan masyarakat
c. kemajuan pendidikan dan peradaban
d. layanan informasi dan teknologi
e. sumber daya alam

22. Pokok masalah ekonomi dalam masyarkat adanya keterbatasan sumber daya alam. Berikut ini yang bukan cara untuk mengatasi masalah tersebut ialah....
a. memelihara dan melestarikan sumber daya alam dengan baik
b. menciptakan alat pemuas atau barang pengganti
c. meningkatkan pengelolaan sumber daya alam sehinggal lebih bermanfaat bagi kehidupan manusia
d. menghemat penggunaan sumber daya alam
e. menggunakan sumber daya alam sepuasnya tanpa batas

23. Keberadaan sumber daya alam adanya terbatas, sementara kebutuhan manusia tidak terbatas. untuk itu manusia dituntut agar ...
a. menggali sumber daya alam sebanyak mungkin
b. meningkatkan kebutuhan sebanyak mungkin
c. menggunakan sumber daya alam sebanyak mungkin
d. menggunakan sumber daya sehemat mungkin
e. menekan sumber daya serendah mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal

24. Cahaya Matahari, udara, sabun cuci, dan gula pasir adalah contoh kebutuhan manusia ....
a. menurut sifatnya
b. menurut cara memperolehnya
c. menurut proses pembuatannya
d. menurut instensitasnya
e. menurut subjeknya

25. Jas hujan akan berguna pada waktu musim hujan, contoh tersebut sesuai dengan kegunaan ....
a. bentuk
b. hak miliki
c. pelayanan
d. waktu
e. tempat

26. Peningkatan kegiatan produksi sandang dan pangan menjelang hari raya dan hari besar keagaamaan lainnya harus diimbangi dengan kegiatan peningkatan distribusi yang sebanding, sebab konsumen membutuhkan hasil produksi yang tepat ...
a. kualitasnya
b. kuantitasnya
c. waktunya
d. distribusinya
e. konsumsinya

27. Manusia melakukan kegiatan untuk meningkatkan kesejahteraan. Kesejahteraan material yang berhubungan dengan barang dan jasa disebut ....
a. kebutuhan
b. kemakmuran
c. produksi
d. distribus
e. konsumsi

28.  Tabel kebaikan dan keburukan  sistem ekonomi:
No.
A
B
C
1
Sering Terjadi Monopoli
Mudah melaksanakan  pemerataan
Mematikan inisiatif individu
2
Kegiatan ekonomi efektif dan edisien
Belum mengenal pembagian kerja
Kreasi, inisiatif masyarakat bekembang
3
Kerusakan Lingkungan dapat dihindarkan
Hak perorangan dijamin seluas-luasnya
Jarang terjadi konjungtor karena kegiatan ekonomi telah direncanakan.
Kebaikan sisstem ekonomi pasar adalah ... .
a. A1, B1, dan C1
b. A2, B3, dan C2
c. A2, B3, dan C3
d. A2, B1, dan C1
e. A3, B3, dan C3

29. Hal berikut ini yang tidak mempengaruhi kebutuhan manusia adalah ...
a. adat istiadat
b. agama
c. kesehatan
d. peradaban masyarakat
e. udara dan sinar matahari bagi masyarakat negara tropis

30. Matrik ciri-ciri sistem ekonomi sebagai berikut.
No.
A
B
C
1
Alat produksi bebas dimiliki individu
Alat produksi dimiliki/dikuasai pemerintah
Alat produksi vital dikuasai pemerintah
2
Pemerintah memegang tentang harga
Kebebasan dalam berusaha dan bersaing
Potensi, inisiatif, dan daya kreasi masyarakat dikembangkan
3
Pemerintah tidak ikut campur dalam perekonomian
Perekonomian menjadi tanggung jawab pemerintah
Hak milik individu diakui










Yang merupakan ciri-ciri sistem ekonomi liberal adalah ....
a. A1, B2, dan C3
b. A1, B3, dan C1
c. A2, B3, dan C1
d. A2, B3. dam C2
e. A3, B3, dan C3

31. Ciri-ciri sistem ekonomi pasar komando antara lain:
1) Persoalan organisasi ekonomi dipecahkan melalui perencanaan pemerintah pusat
2) Perekonomian diatur oleh mekanisme pasar
3) Kegiatan yang meliputi produksi, distribus, dan konsumsi diatur oleh negara
4) Peranan modal sangat menentukan bagi individu untuk menguasai sumber daya ekonomi sehingga dapat meningkatkan efisien
5) Alat produksi dimiliki negara, hak miliki pribadi tidak ada.
Yang merupakan ciri-ciri sistem ekonomi komando adalah ...
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 3, dan 4
c. 1, 3, dan 5
d. 2, 3, dan 4
e. 2, 4, dan 5

32. Menentukan peralatan dan tenaga kerja yang akan melakukan produksi merupakan upaya mengatasi permasalahan ekonomi yang berupa ...
a. why
b. how
c. what
d. who
e. for whom

33. Berikut ini merupakan ciri-ciri barang
1. dapat diperoleh tanpa pengorbanan
2. jumlahnya tidak terbatas
3. diperoleh dengan pengorbanan
4. dapat menggantikan guna atau fungsi barang lain
Yang termasuk ciri-ciri barang ekonomi adalah ...
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 2 dan 4
e. 3 dan 4

34. Kapas merupakan bahan baku pemintalan benang, berarti kapas berfungsi sesuai dengan ...
a. Place utility
b. ownership utility
c. ownership utility
d. element utilty
e. time utility

35. Beberapa kebaikan dan kekurangan sistem ekonomi
1) Perseorangan bebas memiliki sumber/memiliki produksi
2) Perekonomian masyarakat bersifat statis
3) Pemerintah mudah melakukan pengawasan kegiatan ekonomi
4) Setiap individu termotivasi untuk menjadi produsen
5) Kurang adanya pemerataan pendapatan
6) Pada umumnya masyarakat bersifat aktif
kekurangan sistem ekonomi komando adalah ...
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 3 dan 4
d. 5 dan 6
e. 4 dan 6


B. Jawablah dengan singkat dan jelas!
1. Mengapa sumber daya untk menghasilkan barang dan jasa dikatakan terbatas?
2. Sebutkan faktor-faktor yang menyebabkan kelangkaan!
3. Bagaimana usaha setiap manusia untuk memenuhi kebutuhannya?
4. Mengapa kebutuhan setiap manusia berbeda?
5. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia!
6. Deskripsikan permasalahan ekonomi yang berupa pertanyaan untuk siapa barang diproduksi
7. Sebutkan ciri-ciri sistem ekonomi Liberal
8. Sebutkan permasalahan ekonomi klasik!
9. Bagaimana suatu sistem ekonomi dapat diterapkan dalam suatu negara?
10. Mengapa banyak negara yang menganut sistem ekonomi campuran?





14 comments

Unknown said...

Pak yang mana yang harus saya kerjakan?

lembar kerja siswa said...

@Indah Marina kartika:
kamu kerjakan nomor 1, 2, dan 3

selamat mengerjakan

Unknown said...

Pak yang mana yang harus saya kerjakan?

lembar kerja siswa said...

@jasmine Hermawan....
kamu kerjakan soal nomor 4, 5, dan 6

Unknown said...

Pak yg mana yg harus saya kerjakan?

lembar kerja siswa said...

@urip kamu kerjakan nomor 7, 8, 9, dan 10 jangan lupa ditulis soalnya....

Pandusasongko said...

Pak saya Pandu dri IIS 3, saya harus kerjakan nomer berapa pak?

Pandusasongko said...

Pak saya Pandu dri IIS 3, saya harus kerjakan nomer berapa pak?

Pandusasongko said...

Pak saya Pandu dri kls X IIS 3, saya dapat nomer berapa pak?

Unknown said...

pak saya amel dari x-iis.3 saya ngerjain nomer berapa pa?

Unknown said...

saya ngerjain nomer berapa pa? *amel,X-iis3

Unknown said...

Pak saya Raissa Mieke A. X IIS 3
Saya dapet nomer berapa?

Ade Trinaldi said...

Pak saya ade trinaldi X IIS 3. Saya harus kerjakan nmr brp pak?

Anonymous said...

Minta jawaban nya dong semua nya harus hari ini juga

Klik Iklannya dun...