Friday, 30 October 2015

LEMBAR KERJA SISWA LATIHAN KEMANDIRIAN KELAS 10 MASALAH POKOK EKONOMI

LEMBAR KERJA SISWA LATIHAN KEMANDIRIAN KELAS 10 MASALAH POKOK EKONOMI 1. Contoh barang yang mempunyai utility of form adalah .... a... thumbnail 1 summary
LEMBAR KERJA SISWA LATIHAN KEMANDIRIAN KELAS 10 MASALAH POKOK EKONOMI


1. Contoh barang yang mempunyai utility of form adalah ....
a. cangkul  yang dimiliki oleh petani
b. uang yang disimpan di bank 
c. jas hujan pada waktu hujan
d. pasir dari suangai ke kota
e. kayu diubah menjadi kursi

2. Menurut penggunaannya, barang dapat dibedakan menjadi ....
a. barang bergerak dan tetap
b. barang bebas dan ekonomi
c. barang primer dan sekunder
d. barang inferior dan normal
e. barang konsumsi dan produksi

3. Apabila terjadi peningkatan permintaan dan kenaikan harga, produsen cenderung untuk meningkatkan hasil produksinya. Hal tersebut untuk menjawab masalah pokok ekonomi, yaitu ....
a. what
b. how
c. for whom
d. when
e. why

4. Keadaan yang tidak seimbang antara kebutuhan manusia dengan alat pemuasnya disebut ....
a. kelangkaan 
b. prinsip ekonomi 
c. motif ekonomi 
d. inti ekonomi 
e. sumber ekonomi 

5. Di bawah ini merupakan ciri-ciri demokrasi ekonomi, kecuali ....
a. potensi, inisiatif, dan gaya kreasi setiap warga dikembangkan
b. warga negara memiliki kebebasan dalam memilih pekerjaan
c. hak milik perorangan diatur dan pemanfaatannya tidak boleh bertentangan dengan kepentingan masyarakat 
d. negara beserta aparatur ekonomi negara bersifat dominan serta mendesak daya kreasi di luar sektor negara 
e. perkembangan antardaerah dikembangkan serasi dan seimbang dalam satu kesatuan perekonomian nasional

6. Opportunity cost untuk suatu unit tambahan dari varian “A” dapat diartikan ....
a. laba yang diperoleh karena memproduksi barang A
b. harga eceran barang A
c. metode  yang paling murah untuk memproduksi barang A
d. nilai barang-barang lain harus dikorbankan untuk memperoleh satu unit tambahan barang A
e. biaya pokok barang A

7. Dalam sistem demokrasi ekonomi monopoli harus dihindarkan. Tetapi demi kepentingan rakyat banyak pemerintah memonopoli usaha-usaha vital sesuai dengan UUD 1945 ....
a. Pasal 23 Ayat 1 dan 2
b. Pasal 23 Ayat 3 dan 4
c. Pasal 23 Ayat 1, 2, dan 3
d. Pasal 23 Ayat 1 dan 2
e. Pasal 23 Ayat 2 dan 3

8. Sarana pemuas kebutuhan manusia bersifat langka karena ....
a. sarana yang disediakan alam tak terbatas
b. kemampuan manusia dalam mengolah alam terbatas
c. sifat manusia tidak serakah
d. perkembangan ilmu sesuai dengan perkembangan kebutuhan 
e. sarana kebutuhan selalu berkembang

9. Diketahui matrik macam-macam barang.
Dari matrik di atas, yang merupakan barang komplementer ialah ....
a. A1 – B4 dan B2 – C2
b. A2 – C4 dan B3 – C3
c. A3 – C1 dan B2 – C4
d. A4 – C1 dan B4 – C4
e. B4 – C1 dan A3 – B1

10. Berikut ini yang merupakan tindakan berdasarkan prinsip ekonomi adalah ....
a. menghasilkan barang sebanyakbanyaknya
b. memperoleh laba dengan pengorbanan sekecil mungkin
c. mengurangi konsumsi untuk menabung
d. menjual barang dengan harga setinggi mungkin
e. menekan biaya produksi serendahrendahnya




B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini!

1. Mengapa kebutuhan manusia sifatnya tidak terbatas dan alat pemuas kebutuhan manusia terbatas? Jelaskan!

2. Identifikasikan motif-motif yang mendorong manusia untuk bertindak ekonomi!

3. Berikan contoh biaya peluang yang terjadi di masyarakat!

4. Masalah for whom (untuk siapa barang diproduksi) sangat terkait dengan pemasaran/ distribus barang. Jelaskan hal itu!

5. Apa yang dimaksud dengan sistem ekonomi?

6. Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi sistem ekonomi yang digunakan oleh suatu negara!

7. Identifikasikan ciri-ciri sistem ekonomi di bawah ini beserta kebaikan dan kelemahannya!
a. Sistem Ekonomi Tradisional
b. Sistem Ekonomi  Kerakyatan
c. Sistem Ekonomi Liberal
d. Sistem Ekonomi Sosialis/Terpusat
e. Sistem Ekonomi Campuran (Sosialis dan Liberal)

8. . Sebutkan tujuan penggunaan sistem ekonomi pada suatu negara!
9. Apa sistem ekonomi yang digunakan di Indonesia sudah tepat? Berikan alasan!
10. Apa yang dimaksud dengan etatisme?




17 comments

Alvani Fata Muhayyar said...

Pak saya Alvani F M. IIS-2. Ngerjain nomer berapa nih pak ?.

lembar kerja siswa said...

@alfata kamu kerjakan soal pilhan ganda nomor 3, 4, 5, 6 beserta soal, pilihan gandanya lalu disilang dibuku quiz ya.....

selamat mnegrjakan....

Unknown said...

Pak saya kerjakan soal nomer berapa aja? -Nabila Rizqi.A X-IIS2. Jgn lamalama ya pak.makasii pak

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Pak saya kerjain nomer berapa aja pak?jgn lamalama pak balesnya.makasii -Nabila Rizqi Amelia X-IIS2

Unknown said...

Pak saya kerjain nomer berapa ajaa?jgn lamalama ya pak balesnya.makasi pak -Nabila Rizqi Amelia X-IIS2

Unknown said...

Pak saya kejain nomer berapa?jgn lamalama ya pak balesnya.makasii pak -Nabila Rizqi Amelia X-IIS2

Unknown said...

Pak saya ngerjain nomer berapa aja pak?balesnya yg cepet ya pak -Nabila Rizqi Amelia X-IIS2

Unknown said...

Pak saya ngerjain nomer berapa aja pak?balesnya cepet ya pak -Nabila Rizqi Amelia X-IIS2

Anonymous said...

pak, nomor berapa yang harus saya kerjakan?- Putri Lasmida Nagabella 10 iis 2

Anonymous said...

pak, nomor berapa yang harus saya kerjakan?- Putri Lasmida Nagabella 10 iis 2

Anonymous said...

pak, nomor berapa yang harus saya kerjakan?- Putri Lasmida Nagabella 10 iis 2

lembar kerja siswa said...

@Nabila amelia....
sabar keeee.... saya juga pasti bales....


emang mau kemana siiih buru2...
kamu kerjakan soal pilihan ganda beserta abcdnya lalu kamu silang nomor 7,8,9, 10

lembar kerja siswa said...

@bella kamu kerjakan soal essay B. nomor 1, 2, 3, 4, 5 dibuku quis ya....

selamat mengerjakan....

Unknown said...

Pak saya ngerjain nomor berapa aja ? Marceline Clara Lorenza X IIS- 2

Unknown said...

Pak saya harus ngerjain yang mana ? Marceline Clara X IIS - 2

Unknown said...

Pak saya harus ngerjain yang mana ? Marceline clara X IIS 2

Klik Iklannya dun...