Saturday 24 October 2020

MENEMPUH JALAN RAKYAT OLEH D.N AIDIT (PART 1)

 MENEMPUH JALAN RAKYAT OLEH D.N AIDIT Buku yang berjudul menempuh jalan rakyat ini merupakan sebuah pidato yang dilakukan oleh D.N Aidit da... thumbnail 1 summary

 MENEMPUH JALAN RAKYAT

OLEH D.N AIDIT



Buku yang berjudul menempuh jalan rakyat ini merupakan sebuah pidato yang dilakukan oleh D.N Aidit dalam memperingati ulang tahun PKI yang ke 32 tahun. Pada saat itu ulang tahun PKI jatuh pada tanggal 23 Mei 1952. Pidato ini diucapkan D.N Aidit pada malam hari. Beliau ucapkan pada tanggal 26 Mei di Gedung Pertemuan Umum, Jakarta.

Buku Ini saya ceritakan kembali sesuai dengan tata bahasa Indonesia pada saat ini. Tidak ada yang saya lebih kan ataupun saya kurangkan. Cover buku atau sampul depan buku ini bercorak kuning. Dengan tulisan aslinya berjudul “Menempuh Djalan Rakjat” oleh D.N AIDIT.

Buku ini berjumlah 27 halaman.  Halaman pertama berupa sampul buku yang berwarna kuning. Halaman kedua berupa  sampul buku yang tercetak hitam dan putih. Pada halaman ketiga terdapat foto D.N Aidit sebagai penggerak PKI dieranya.

Buku ini diterbitkan oleh Yayasan Pembaruan Jakarta. Tulisan asli tertera pada buku ini yaitu “Jajasan Pembaruan Djakarta”. Buku ini merupakan cetakan kedua. Dengan Terdapat foto D.N Aidit pada lembar ketiganya. Buku ini pernah dijual pada masanya seharga Rp.1.50 saja. Yayasan Pembaruan Jakarta saat itu beralamat di Jalan Perunggu, Galur Jakarta.

Pada lembar keempat. Terdapat keterangan penerbit. Penerbit  buku Yayasan Pembaruan  Jakarta mencoba memberikan keterangan tentang buku yang dicetak kedua kali ini. Keterangan Penerbit buku tersebut sebagai berikut.

Penerbitan “Menempuh Jalan Rakyat” ini adalah cetakan yang ke II, untuk memenuhi permintaan yang selalu bertambah banyak. Didalam Cetakan ke-II ini, oleh penulisnya sendiri telah diadakan perubahan kecil-kecil disana-sini. Perubahan-perubahan ini sama sekali tidak membawa perubahan ini, karena hanya berupa perubahan-perubahan susunan kalimat supaya lebih jelas dan mudah dipahamkan.

Jika ditulis dalam bentuk asli pada buku tersebut seperti ini:

KETERANGAN PENERBIT

 

         Penerbitan “Menempuh Djalan Rakjat” ini adalah tjetakan jang ke-II untuk memenuhi permintaan jang selalu bertambah banjak. Didalam tjetakan ke-II ini, oleh penulisnja sendiri telah diadakan perubahan ketjil disana-sini. Perubahan-perubahan ini sama-seklai tidak membawa perubahan ini, karena hanja berupa perubahan-perubahan susunan kalimat supaja lebih jelas dan mudah difahamkan.

 

                                                                                                                                             Penerbit.

Djakarta, Agustus 1952

 

4

Nomor 4 pada bagian bawah. Nomor tersebut menandakan berada pada halaman 4. Bisa dikatakan sebagai terdapat pada lembar ke-4.


 

Untuk lebih jelasnya lagi silahkan ikuti blog ini di www.lembarkerjasiswa123.blogspot.com







#PKI #Aidit #Jakarta #Indonesia


No comments

Klik Iklannya dun...