Thursday 18 October 2018

JENIS SASTRA ANAK

JENIS SASTRA ANAK Sastra anak dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar dapat digolongkan menjadi enam antara lain buku berg... thumbnail 1 summary
JENIS SASTRA ANAK

Sastra anak dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar dapat digolongkan menjadi enam antara lain buku bergambar, fiksi realistik, fiksi sejarah, fiksi ilmu, fiksi fantasi, dan biografi. Keenam sastra anak tersebut mememiliki karakteristik yang berbeda dan dapat dijadikan bahan pembelajaran apresiasi asal disesuaikan dengan kondisi dan tingkat perkembanga anak. Untuk dapat mengetahui hal tersebut dapat dijelaskan secara singkat.

1. Buku bergambar
Gambar berperan penting bagi siswa kelas awal sekolah dasar sebelum dapat membaca kata. Anak-anak TK dan SD awal dapat dibantu oleh buku bergambar untuk mengenalkan tulisan yag dapat dibaca. Dengan buku bergambar yang baik, siswa akan terbantu memahami dan memperkaya pengalaman dari cerita (rothelin, 1991).

2. Fiksi Realistik
Fiksi realistik adalah tulisan imajinatif yag merefleksikan kehidupan secara akurat pada masa lampau atau sekarang Huck, 1987). Bila disebut fiksi realistik kontemporer maka lebih cenderung berkisar tentang kehidupan nyata yag terjadi pada masa sekarang.
Fiksi realistik ini umumnya mengisahkan atau menceritakan kehidupan sekitar anak, mengisahkan tentang keluarga, teman dan kehidupan dalam masyarakat.

3. Fiksi Sejarah
Fiksi sejarah adalah cerita realistik yang disandarkan pada masa yang lalu/atau latar waktunya masa lalu (Stewig; Rothelin, 1991). Fiksi sejarah berfungsi untuk menambahkan pengalaman pembaca yang dapat dihayati dari kejadian masa lalu, perpspektif untuk yang masa yang akan datang, dan memberi pemahaman dan kepercayaan adanya nilai dan kehidupan masa lalu.

4. Fiksi Ilmu
Fiksi ilmu adalah suatu bentuk fantasi yag berlandaskan hipotesis tentang ramalan yag masuk akal karna berlandaskan metode ilmiah (huck, 1987).
alur, tema dan latarnya secara imajinatif didasarkan pada pengetahuan, teori, da spekulasi ilmiah .
(sudjiman, 1984). misalnya perjalanan luar angkasa pada planet.

5. Fiksi Fantasi
Fiksi fantasi merupakan cerita khayal yang terdiri dari beberapa jenis seperti cerita bervariasi da cerita fantasi. Cerita bervariasi itu memiliki persamaan dan perbedaan dan perbedaan da berakar dari cerita terdahulu, yaitu cerita rakyat, legenda, mitos, da cerita-certa kemanusiaan lainnya. Cerita fantasi memiliki beberapa jenis dan variasi

6. Biografi
Biografi adalah kisah tentag riwayat hidup seseorang yang ditulisorag lain (sudjiman, 1984). Bila Riwayat hidup itu ditulis sendiri maka dinamakan autobiografi. Suatu cerita kehidupan bisa dibuat menjadi sebuah fiksi atau bisa dibuat fakta-fakta dan peristiwa-peristiwa yang dapat didokumenasikan.

Perbedaan Bacaan Fiksi dan Non Fiksi
Fiksi adalah cerita imajinatif yang tidak (harus) mempunyai kebenaran faktual.
Non fiksi mempunyai kebenaran faktul
Bacaan Non Fiksi yang dikemas sebagaimana cerita fiksi akan menjadi bacaan  menarik seperti cerita fiksi dan akan disukai oleh anak.

Persamaan Bacaan fiksi dan Non Fiksi yaitu keduanya sama-sama memberikan informasi dan manampilkan cerita.


Sastrakah Teks Non Fiksi itu?

  • Jika sastra dibatasi berbagi teks kreatif imajinatif yang tidak menunjukkan pada kebenaran faktual historis maka teks non fiksi bukan termasuk teks kesastraan.
  • Jika teks kesastraan dipahami secara luas, yaitu berbagai teks yang mempunyai kadar artistik tinggi dengan memperhitungkan pencapaian efek estetik (pemilih stile tepat), maka teks non fiksi yag ditulis dengan stile tersebut dapat dikategorikan sebagai bagian dari sastra anak (luken, 2003:28)
  • Teks nonfiksi dengan efek keartistikan dapat memberikan aspek emosional dan intelektual.

Unsur-unsur yang terkandung dalam Cerita Fiksi Anak
  • Tokoh adalah pelaku yang dikisahkan dalam cerita
  • Alur Cerita bisa disebut juga Plot atau jalan Cerita. Pengertian lain dari Alur Cerita adalah rangkaian peristiwa yang terjadi berdasarkan hubungan seba dan akibat.
  • Latar dapat diartikan sebagai landas tumpu berlangsungnya berbagai peristiwa dan kisah dalam cerita.
  • Tema dapat diartikan sebagai gagasan yang mengikat cerita atau sering disebut juga makna cerita.
  • Moral dapat dikatakan sebagai amanat atau pesan. Pengertian Moral adalah sesuatu yang ingin disampaikan kepada pembaca (bermanfaat dan mendidik)
  • Sudut Pandang adalah cara sebuah cerita dikisahkah
  • Stile merupakan pilihan berbagai aspek kebahasan yang digunakan dalam teks kesastraan.
  • Nada sesuatu yag terbentuk sebagai konsekuensi pilihan stile

Puisi Anak

  • Puisi merupakan sebuah jenis sastra yag sngat memperhatikan pilihan aspek kebahasaan untuk memperoleh efek keindahan. Unsur pembentuk puisi adalah isi dan bentuk.
  • Unsur isi pada Puisi anak antara lain aspek gagasan, ide, emosi, tema, dan makna
  • Unsur Bentuk pada puisi antara lain aspek kebahasaan dan tipografi.
















Sumber : 
1. Makalah atau slide presentasi PPG PGSD dalam jabatan Gurdasus RISTEKDIKTI 



No comments

Klik Iklannya dun...